Hipnoterapi Efektif Mengatasi Mual Saat Kehamilan

Mual saat kehamilan adalah wajar, rasa mual tersebut merupakan involuntary signal dari bawah sadar anda

Rasa mual dan mungkin disertai muntah biasa dialami oleh wanita di masa-masa awal kehamilannya. Rasa mual tersebut sering disebut sebagai morning sickness, meskipun demikian ternyata morning sickness tidak melulu terjadi di pagi hari. Ada juga yang mengalaminya pada sore atau malam hari

Ya, memang tidak semua ibu hamil mengalami morning sickness ini. Banyak juga yang tidak mengalaminya sama sekali selama kehamilannya. Berat atau ringannya “serangan” pun berbeda-beda antara ibu hamil satu dengan lainnya. Beberapa ibu hamil tetap masih bisa makan dan minum meski serangan mual datang. Tetapi ibu hamil lain ada yang tidak “secuil” makanan pun bisa masuk dalam mulutnya.

Perbedaan ini memang dikarenakan setiap individu unik. Keunikan ini dilatari perbedaan kondisi fisiologi tubuh, di samping juga latar belakang; karakter, serta pengalaman hidup ibu hamil itu sendiri.  Yang pasti, mengalami mual atau tidak,  atau mualnya dalam taraf ringan atau berat, bukan patokan untuk menilai normal atau tidaknya suatu kehamilan. Jadi, bagi yang tidak mengalaminya, atau hanya mengalami secara ringan, bukan berarti kehamilannya tidak sempurna. Begitu juga sebaliknya.

Banyak cara untuk mengurangi rasa mual dan muntah di awal kehamilan ini. Para ahli selalu menyarankan untuk;

  • Jaga jangan sampai terlalu lapar atau perut kosong. Hal ini akan memicu rasa mual datang lebih hebat.
  • Makanlah dalam porsi secukupnya. Kalau perlu dalam porsi kecil, tetapi sering dengan waktu yang teratur. Anda bisa membaginya menjadi 5 – 6 kali sehari. Porsi makan yang besar malah bisa merangsang rasa mual muncul.
  • Selalu makan dengan pola makan sehat seimbang, disesuaikan dengan kondisi kehamilan. Dimana perlu, berkonsultasilah dengan ahli nutrisi.
  • Sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak lemak, terlalu asam atau terlalu banyak bumbu tajam. Begitu juga minuman yang mengandung soda.
  • Minumlah yang cukup.  Dianjurkan dalam sehari minum air putih minimal 10 gelas. Ini untuk menghindari Anda mengalami dehidrasi. Namun selain dari minuman, cairan juga bisa diperoleh dari sari buah, jus atau kuah sayuran.

Saat bangun tidur pagi hari, biasanya kondisi kadar gula darah turun. Ini juga bisa membuat Anda merasa mual. Karena itu, ketika bangun tidur, jangan langsung berdiri. Cobalah duduk dulu beberapa saat, sambil mengunyah biskuit (sediakan selalu biskuit di samping tempat tidur) serta minumlah minuman hangat.

Ramuan tradisional banyak yang ampuh sebagai penangkal mual sekaligus aman bagi kehamilan. Misalnya minuman jahe hangat (jahe dalam bentuk permen juga bisa jadi pilihan), atau beberapa tetes jeruk lemon yang dimasukkan dalam air hangat atau teh Anda.

Di era modern ini dimana pengetahuan mengenai teknologi pemberdayaan pikiran makin maju, dapat sangat membantu mengatasi morning sickness. Teknik ini menggunakan prinsip changing the neuro path yang bertujuan untuk mengubah  pola rangsang – respon mual menjadi berkurang. Berikut beberapa langkah yang dapat anda lakukan sendiri di rumah, dengan urutan sebagai berikut :

  • Latihan  relaksasi pikiran. Boleh melalui zikir atau latihan pernafasan. Rileksasikan tubuh anda
  • Bernapaslah dengan tenang, perhatikan keluar masuknya napas (jangan memaksa atau mengatur napas, biarkan napas keluar dan masuk apa adanya).
  • Lakukan affirmasi : “meskipun aku sedang hamil namun aku mengijinkan diriku tetap merasa tenang, nyaman, mencintai diriku dan anak yang ada di dalam kandunganku”
  • Kenali apa yang merangsang rasa mual anda. Adakah aroma atau rasa tertentu yang memancing perasaan mual muncul? Jika iya, kenali sensasinya di tubuh
  • Sensasi rasa di tubuh itu apakah terasa berat atau ringan? Hangat atau dingin? Diam atau seperti ada gerakan memutar? Jika ada ubahlah bentuk sensasi tersebut
  • Bayangkan kondisi yang membuat anda bisa rileks, tenang dan nyaman. Pilih makanan atau aroma yang dahulu (ketika belum hamil) sangat anda sukai? Affirmasikan berulang “Bahkan saat hamil tidak ada yang berbeda dengan kondisi ini”

Anda ingin dilatih untuk hamil tanpa rasa mual dan mempersiapkan mental untuk kelahiran ? Jangan ragu hubungi kami

About hujairin

subconscious explorer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s