Apa Yang Dimaksud Dengan Brief Hypnotherapy?

Di dunia hipnoterapi secara garis besar terbagi atas dua kelompok besar, yaitu kelompok yang masih dipengaruhi oleh dunia psikologi konvensional dan kelompok yang dipengaruhi oleh paradigma psikologi positif (positive psychology).

Kelompok yang pertama, lebih cenderung untuk “mengutak-atik” masa lalu, mencari akar permasalahan, mencari sumber traumatik, kejadian pertama pencetus masalah (ISE) dll, yang merupakan bentuk khas dari psikologi konvensional. Sedangkan kelompok kedua, lebih berorientasi ke masa depan, dang menganggap bahwa perubahan tetap dapat dilakukan bahkan tanpa perlu untuk “mengutak-atik” masa lalu.

Pengajaran dan praktek hipnoterapi yang kami lakukan menggunakan metode Brief Hypnotherapy yang mengacu kepada kelompok kedua tersebut di atas. Kenapa? Sebab dengan tidak mengutak-atik masa lalu maka menutup peluang terjadinya retraumatisasi akibat proses pencarian akar masalah.

Sebagaimana pendapat para pengusung positive psychology bahwa masa lalu tidak dapat diubah. Masa depan dapat dibentuk. Pikiran manusia bersifat konstruktivis yang akan merangkai dan membangun apa yang menjadi tujuannya dengan menggunakan segala sumber daya yang ada. Satu hal yang perlu dicatat, bahwa legenda Hypnotherapy moderen, Dr. Milton H. Erickson, juga tercatat sebagai pelopor dari Hypnotherapy yang beorientasi ke Positive Psychology

Brief Hypnotherapy adalah suatu “verbal therapy” atau terapi Sugesti dengan obyek terapi sisi psikologis manusia. Berikut ini pengelompokkan kasus yang dapat diselesaikan dengan metode Hypnotherapy :

  • Motivational & Empowerment
  • Mental & Emotional Problem (Stress, Depression, Anxiety, Bad Habit, Bad Behaviour, Insomnia, Trauma, dll)
  • Psychosomatic Ilness (penyakit fisik yang berakar dari gangguan psikologis).

Brief Hypnotherapy bermakna Hypnotherapy ringkas, dan berorientasi ke Positive Psychology. Brief Hypnoterapy banyak dipengaruhi oleh prinsip-prinsip dasar dari Brief Therapy yang digagas oleh kelompok MRI (Mind Research Institute). Milton Erickson (Hypnotherapist) dan Virginia Satir (Family Therapist), juga tercatat merupakan anggota MRI.

Berikut ini beberapa penekanan penting dari Brief Hypnotherapy :
 Berorientasi kepada Outcome, bukan berorientasi kepada problem
 Tidak perlu mengintervensi masa lalu
 Memperkuat sisi positif untuk melemahkan sisi negatif

Salah satu Brief Therapy yang sangat populer yaitu SFBT (Solution Focused Brief Therapy), dimana dalam teknisnya sangat mengandalkan beberapa pola pertanyaan yang bertujuan untuk memperoleh feedback dari Client yang bermanfaat bagi proses therapy dimaksud.

Dalam metode SFBT terdapat 4 pertanyaan (question) dasar, yaitu :
 Miracle Question. Pertanyaan untuk membawa Client membayangkan Outcome (Future Pacing).
 Scaling Question. Pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan penskalaan Client terhadap permasalahan ataupun solusi yang akan dicapai.
 Coping Question. Pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang pernah dilakukan Client untuk mengatasi permasalahannya.
 Exception Question. Pertanyaan-pertanyaan tentang kisah sukses dari Client dalam menghadapi permasalahan yang sejenis.

Ketika lahir pengetahuan Neuro-Linguistic Programming (NLP), maka esensi dari pertanyaan-pertanyaan di atas dapat diperoleh dari perumusan Outcome yang dikenal dengan istilah Well-Formed Outcome (WFO).  Oleh karena itu metode Brief Hypnotherapy yang kami terapkan menggunakan Well-Formed Outcome (WFO) sebagai landasan untuk aktifitas diskusi secara kreatif antara Hypnotherapist dan Client, dimana seluruh hasil diskusi (tanya-jawab) dengan Client terkait dengan WFO ini nantinya akan menjadi bahan penyusunan Script yang nantinya akan dibawakan di Phase-3 pada Formal Hypnotherapy (Subconscious Mind Intervention)

Anda tertarik untuk mempelajari Brief Hypnotherapy secara serius untuk kebutuhan diri dan lingkungan anda? Atau ingin menekuninya secara profesional? Silakan kontak kami

About hujairin

subconscious explorer

2 thoughts on “Apa Yang Dimaksud Dengan Brief Hypnotherapy?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s