3 Prinsip Menjadi Tuan Atas Pikiran Sendiri

Rule your mind or it will rule you

Ketika kita mempelajari teknologi pikiran untuk memberdayakan diri, maka istilah menjadi tuan atas pikiran sendiri sudah tidak asing lagi. Menjadi tuan atas pikiran sendiri memiliki makna bahwa kitalah yang mengendalikan apa yang kita pikirkan dan kita rasakan (Master of Your Own Mind). Seringkali para trainer mengatakan bahwa pikiran bisa menjadi budak yang sangat patuh jika dikendalikan dan sebaliknya bisa menjadi majikan yang sangat kejaam jika tidak dikendalikan. Di sinilah letak self mastery yang sesungguhnya ketika kita bisa mengendalikan pikiran-pikiran dan perasaan-perasaan kita. Tidak ada lagi larut dalam ketakutan dan emosi-emosi negatif lainnya yang mungkin menghammbat kemajuan diri.

Untuk bisa mencapai kondisi itu, ada 3 prinsip yang harus anda tanamkan kepada diri sendiri yaitu :

  1. Menjadi tuan dan budak adalah pilihan. Anda harus menyingkirkan label diri atau keyakinan negatif yang menganggap seolah tidak mampu mengendalikan pikiran dan perasaan. Di dalam metodologi NLP kita mampu mengatasi perasaan hanya dengan mengubah struktur pengalaman yang ada di dalam memori kita. Pertanyaannya adalah mau atau tidak mau. Memilih larut dengan perasaan atau berani meletakkan logika.
  2. Tujuan menunjukkan jalan. Tentukan tujuan yang ingin anda capai sejelas mungkin. Sebelum memulai perjalanan maka hendaknya anda memiliki alamat tujuan yang jelas. Kejelasan tujuan akan memampukan anda untukĀ memikirkan surut ke belakang untuk menentukan langkah demi langkah sistematis yang harus dilalui sebagai prosesnya.
  3. Proses tak akan mengkhianati hasil. Jika anda gagal dengan menggunakan satu cara maka gunakan cara lain untuk mencapai tujuan anda. There’s no failure, only feedback. Yang harus anda atasai adalah hambatan mental dalam melakukan langkah demi langkah menuju tujuan tersebut. Prinsip ketiga ini menekankan sekali bahwa anda harus menghargai ikhtiar dan bersungguh-sungguh dalam melakukannya.

Demikian uraian singkat ini semoga bermanfaat

About hujairin

subconscious explorer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s