Kenapa The Art of Trance Menjadi Suatu Paket Belajar Yang Penting?

Trance adalah pembelajaran tentang trance (Milton H. Erickson)

Jika anda seorang hipnoterapis atau praktisi pemberdayaan diri yang sering membantu klien-klien anda dalam mengatasi masalahnya atau untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang ingin mereka capai, maka anda tentu ingin sedapat mungkin memastikan keberhasilan proses terapi. Bahkan Milton H. Erickson sendiri pernah sampai menghabiskan waktu 8 jam dalam sesi terapi untuk melatih seorang kliennya hanya untuk memahami kondisi trance.

Menurut pengalaman-pengalaman awal hipoterapis, seringkali klien menganulir hasil terapi hanya karena mereka merasa masih sadar dan merasa tidak di dalam kondisi hipnosis.  Seringkali juga klien terlalu kritis sehingga klien tidak mampu merasakan trance itu seperti apa dan terapis tidak membuktikan dengan cara mengajak klien merevivikasi suatu fenomena trance tertentu. Klien yang tidak yakin bahwa ia sedang dalam kondisi trance selanjutnya tidak akan yakin bahwa ia mampu melakukan perubahan untuk mencapai tujuan yang ia inginkan.

Sangat disayangkan pula, banyak terapis mengira trance itu serupa dengan tidur semata. Misal pemanfaatan induksi Dave Elman yang menurut hemat saya tidak akan selalu kompatibel dengan konteks permasalahan psikis yang ingin diselesaikan. Padahal trance adalah sesuatu yang sangat luas dalam cakupannya di dalam kehidupan kita. Bahkan bisa dikatakan bahwa manusia senantiasa berada dalam kondisi trance, dan hanya berpindah dari satu trance ke trance lainnya. Erickson senidri menyatakan trance adalah pembelajaran tentang trance.

Memfasilitasi keadaan trance tidak melulu harus dengan induksi. Induksi dapat dikategorikan sebagai arbitrary trance, dan tercapai melalui prinsip-prinsip antara lain sesuatu yang mengejutkan, mempesona, menakjubkan, mencengangkan. Bisa juga melalui sesuatu yang membuai atau melenakan. Menghilangkan keseimbangan, menggamangkan, melibatkan prinsip asosiasi agar terjadi mental misdirection atau bisa juga dengan cara membingungkan atau melinglungkan. Bisa juga dengan cara meng-overload input informasi melalui stimulus inderawi. Namun apakah kesemua akan cocok dalam terapi?

Memfasilitasi keadaan trance ternyata bisa dengan memanfaatkan trance alami, dan terapi dilakukan dengan cara pemberian tugas yang kongruen dengan konteks masalah atau tujuan yang ingin dicapai. Tetapi meskipun saya menyatakan bahwa kompetensi wajib seorang hipnoterapis adalah memfasiltasi keadaan trance, namun bukanlah satu-satunya. Kompetensi lain misal dalam menjalin hubungan (connectedness), kemampuan bicara, kemampuan menyimak, kemampuan bertanya dan kemampuan observasi serta assesment sangatlah penting sebagai satu paket yang tak terpisahkan.

The Art of trance ini dirancang sebagai suatu jenis pelatihan hipnoterapi yang memanfaatkan keunikan klien (client centered) dan solution focused. The Art of Trance menawarkan konsep terapi berdasarkan positive psychology, yang dalam artian lebih mengupayakan penggalian resource klien untuk mengatasi permasalahan yang sedang digelutinya ketimbang mencari akar permasalahan. Dengan demikian diharapkan klien dapat memperkuat sisi positif dirinya dan membantunya untuk coping. Apakah dengan demikian pelaatihan ini menjadi sangat Ericksonian? Iya. Tetapi kita mengusung konsep kenusantaraan misal dengan teknik Berdialog dengan Guru Sejati yang tak lain adalah higher self si klien (higher self sesuai versi Carl Jung, atau kakang kawah dalam konsep kejawen). Demikian juga menerjemahkan prinsip object imagery melalui ritual-ritual yang telah ada di bumi nusantara ini.

Meskipun tidak memiliki intensi untuk mencari akar masalah, namun pelatihan ini dilengkapi dengan pembelajaran metode psikologi transpersonal (kalau dalam istilah kejawen dengan memahami konsep kelimo pancer) dan pembelajaran tentang prinsip dan teknik psychodrama ala Jacob Moreno dll untuk menyelesaikan unfinished business dan shadow.

Dan menariknya lagi, kami menggali fenomena para tokoh pemberdayaan diri nusantara (wong pinter) yang mampu memberikan solusi bahkan sebelum klien menceritakan permasalahannya. Ini kami kupas melalui pembelajaran tentang neuron mirror dan gamma entrainment (initiating), dan anda akan mampu melakukannya.

Apakah hanya itu? Tenang, jika saya seorang koki yang memasak rendang, maka saya pastikan isinya daging berkualitas semua dengan bumbu-bumbu orisinil.

Materi-materi yang akan anda dapatkan untuk meningkatkan kualitas anda sebagai seorang terapis antara lain :

 Hari I :

  • Memahami Trance dan Fenomena Trance
  • Neuron Mirror
  • Gamma Burst Game (Intuitive Mind)
  • 6 Prinsip Elisitasi Trance dan Prinsip Menyingkap Rahasia Personal Power
  • Prinsip Client Centered dan Solution Focused dalam perubahan
  • Trance Voice, Ethic and Attitude
  • Matching dan Mismatching
  • Basic to Advanced V- A-K Anchoring
  • Memahami shadow
  • Object Imagery dalam sudut pandang western hypnosis, eastern indegenous wisdom dan sufistik
  • Various Traditional Method in Therapy (full moon method, change the water, pillow therapy, mandi kembang, MANTRA) in perspektive of trance-work

Hari II :

  • Prinsip perubahan dalam positive psychology (Setting The Outcome, Finding Exceptional / Elicitating The Resources, Anchoring, TOTE Model, Tasking)
  • Rabithah (Sufistik Method in Modelling)
  • 8 Mandala Kehidupan (Self Help)
  • Psikologi Trance-personal
  • Jacob Moreno Psychodrama
  • NHC – Borderless Field Meditation
  • NHC – Higher Self Meditation (Javanese Method)
  • Mind to Mind Healing

Bonus materi :

  • Berdialog dengan penyakit
  • Dll sesuai dinamika kelas

Silakan daftarkan diri anda melalui WA saya 085244858898 atau email hujairinvivo@gmail.com

Workshop ini akan diselenggarakan pada 28 – 29 Mei 2016

Investasi hanya Rp. 2.700.000 (silakan kontak saya untuk harga khusus)

About hujairin

subconscious explorer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s