Cara Menemukan dan Mengatasi Mental Block

Hipnosis adalah cara untuk menembus faktor kritis pikiran sadar manusia sehingga sugesti yang diberikan dapat langsung diterima oleh pikiran bawah sadar tanpa dianulir oleh faktor kritis. Sedangkan hipnoterapi adalah cara melakukan terapi pikiran dengan memanfaatkan kondisi hipnosis. Efektifitas hipnoterapi terletak pada kemampuannya dalam menerobos faktor kritis manusia sehingga sugesti  untuk melakukan perubahan pun bisa dijalankan.  Tentu akan ada yang bertanya-tanya “jika demikian, apa guna faktor kritis jika memang menghambat manusia untuk berubah?”

Faktor kritis tetap diperlukan agar kita dapat menjadi konsisten dan mempertahankan nilai-nilai baik yang telah terinstall selama ini. Apa jadinya jika kita dapat dengan mudahnya berubah? Tentu hidup kita pun jadi tidak karu-karuan (sangat plin plan).

Selain faktor kritis, pikiran bawah sadar pun sebenarnya sangat sulit berubah. Suatu program yang telah terinstal akan sulit berubah kecuali jika ada program baru yang menggantikannya. Misal seseorang yang sadar bawah merokok tidak baik untuk kesehatan, tetapi akan sangat susah berubah atau menghilangkan kebiasaan merokoknya. Mengapa demikian? Seseorang yang merokok bisa jadi ada alasan mencari rasa nyaman melalui merokok. Pikiran sadarnya tahu bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan. Tapi tidak bagi pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar akan mempertahankan suatu kondisi dimana ia telah merasa nyaman. Bagi pikiran bawah sadar, setiap kondisi hanyalah dua sifat atau kategori ; known (dikenali) atau unknown (tidak dikenali). Segala sesuatu yang masuk dalam kategori known dianggap sebagai  kondisi aman dan menjadi zona nyamannya. Sedangkan yang masuk kondisi unknown (tidak dikenali) meski sebaik apapun, sesehat apapun, seberlimpah apapun..jika masih unknown tetaplah dianggap sebagai sesuatu yang berbahaya.

Demikian juga dalam hal meningkatkan income, karir, memulai usaha dsb, seringkali pikiran bawah sadar akan menghambat kemajuan atau perubahan yang kita inginkan. Saat mau memulai atau mau berubah, ada hambatan mental yang menghalangi perubahan tersebut. Hal ini disebut sebagai mental block. Mental block ini apanya paving block ya? Yang pasti nggak ada hubungannya😀

Anda mungkin sudah cukup menyaksikan mengapa ada orang yang hidupnya sangat sulit berubah. Ada yang meski telah memiliki penghasilan besar dan jabatan tinggi pun kok masih tidak ampu menabung, atau susah mencapai target jumlah tertentu baik penghasilan atau tabungan. Ada juga yang dapat uang kaget seberapa besar pun tidak dapat mengubah nasibnya menjadi jauh lebih baik. Hal ini bisa jadi karena mental block. “Lho pak, kan bisa jadi karena takdirnya begitu?..” jangan buru-buru menyalahkan takdir atau ketetapan Yang Maha Kuasa. Allah sudah memberikan anugerah modal pikiran dan fisik yang mampu untuk berusaha juga kesempatan yang sebenarnya terbentang luas. Takdir yang tidak dapat diubah hanyalah sesuatu yang sudah bersifat ketetapan alam, misal gravitasi, rotasi bumi, sifat-sifat alam dsb. Sedangkan nasib, bisa berubah dengan usaha dan kerja cerdas..juga mindset yang benar. Bukankah Allah mengatakan tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum tersebut mau mengubah dengan tangannya sendiri?

Sekarang anda sudah mau berubah, tapi kok kayak ada saja hambatannya. Setiap mau maju dan melakukan perubahan selalu ada hambatan mental yang menghambat laju kesuksesan dan pencapaian cita-cita. Bagaimana cara mengatasi hambatan mental ini? Yang pertama adalah kenali dulu. Bagaimana cara mengenalinya?

Lakukan komunikasi dengan diri sendiri. Bagi yang sudah akrab dengan ego state therapy mudah saja melakukannya. Jika belum, lakukan teknik sederhana ini.

Siapkan diri masuk ke kondisi tenang dan nyaman. Sebaiknya suasana hening tanpa gangguan. Siapkan juga kertas dan alat tulis. Tulis di kertas apa yang ingin anda capai dalam sebulan ke depan. Misal meningkatkan penghasilan tambahan di luar gaji sebesar 50%.

Nah, coba ucapkan apa yang anda tulis.

Biasanya ada tuh semacam self talk atau kata-kata dari pikiran kita sendiri yang bernada kurang lebih “Halah apa bisa?”. “Apa mungkin?” . Keraguan, ketakutan, ketidakyakinan, dll akan langsung melintas berseliweran di pikiran anda.

Itu adalah mental block anda yang sedang bekerja. Saat anda ingin sesuatu yang besar, mental block ini akan melakukan analisa database pengalaman anda dan berusaha membuat anda membatalkan niat menginginkan hal itu dengan alasan yang sepertinya ‘logis’.

Masih rileks, coba tulis satu per satu semua ganjalan, penolakan, ketidak percayaan, halangan dan apapun perasaan negatif yang tengah anda pikirkan berkaitan dengan cita-cita baru anda. Jangan dilawan, rileks dan layani protes dari faktor kritis / critical area anda. Kalau anda melawan, biasanya dia akan langsung diam. Tapi critical area dan bagian diri anda yang bertanggung jawab terhadap masalah tersebut akan mengerahkan segenap kemampuan bawah sadarnya untuk menghalangi, menghambat atau bahkan menyabotase semua usaha anda. Sebaiknya anda mengatakan “saya terima maksud baik dari penolakan atau hambatan ini, saya tetap menerima dan mencintai diri saya apa adanya”.

Langkah kedua; coba atasi hambatan-hambatan itu dengan cara negoisasi (komunikasi dengan diri sendiri). Ketahui maksud baik dari penolakan tersebut dan bujuk dengan alasan mengapa tujuan yang ingin anda capai penting bagi anda. Jika ada penolakan lagi, jawab lagi. Sehalus mungkin dan dengan cara persuasi yang baik sampai tercapai kesepakatan mental di dalam diri anda.

Contoh :

Saya menulis di kertas dengan kalimat, “saya sedang dalam progres untuk mendapatkan uang sebesar 25 juta rupiah untuk pelatihan hipnoterapi dalam kurun waktu satu bulan ini”

Di dalam pikirannya saya berkecamuk; “wah susah tuh..waktunya mepet”. “kita gak pernah dapat uang sebesar itu seumur hidup”. “apa itu mungkin?”

Saya tuliskan di kertas hambatan-hambatan tersebut.

ü  Susah karena waktunya mepet

ü  Belum pernah dapat uang sebesar itu

ü  Apa mungkin?

Saya katakan dalam hati “saya terima maksud baik bagian diri saya yang mencoba memberikan penolakan atau hambatan ini, saya tetap menerima dan mencintai diri saya apa adanya, pasti ada tujuan baik dari penolakan ini”

Saya                            :  “bukankah rejeki dan umur di tangan Allah? Iya kan”

Unconscious Mind (UM) :  “iya”

Saya                            :“bagi Allah uang sebesar itu mah tidak ada apa-apanya..sangat kecil sekali..minta saja jalannya sama Allah.. gitu juga soal waktu..apa yang tidak mungkin?”

UM                              : “oke… “ lanjut yang kedua. “tapi kan belum pernah dapat rejeki sebesar itu..?”

Saya                            : “tidak pernah bukan berarti selamanya jadi mustahil kan?, banyak orang yang tadinya kekurangan bisa menjadi kelimpahan asal yakin”

UM                              : “hmm..iya”

Di atas sekedar contoh, negoisasi bisa saja sedikit alot. Istilah “Unconscious mind” saya pakai sekedar untuk mewakili bagian diri yang bertanggung jawab terhadap mental block itu, bukan entitas lain. Proses dialog seperti melamun dan ber-soliluquiy

Tips ini mudah dalam mengatasi mental block yang ringan-ringan. Untuk mental block yang berat, sebaiknya hubungi hipnoterapis.

Baca juga tentang cara melakukan affirmasi yang powerful.

About hujairin

subconscious explorer

8 thoughts on “Cara Menemukan dan Mengatasi Mental Block

  1. Ping-balik: CARA MENEMUKAN DAN MENGATASI MENTAL BLOCK | iosictlcs-b

  2. Terimakasih sharing2nya, semoga Anda sehat & sukses sllu. Mau nanya, sya sudh bbrpa kali menggunakan audio ego state terapi, cuma yg jadi masalah berapa kali efektifkah kita mendengarkan CD adudio tsb sehingga menghasilkan sesuatu yg optimal/yg sya harapkan? Krn ju2r sja saat ini sya sdg down msalah finansial. Terimakasih

    • Efektifitas penggunaan audio hipnoterapi / ego state therapy hanya sekitar 50-60%, sebab manusia adalah makhluk hidup, bukan mesin. Sebagai makhluk, ada pendeketan-pendekatan rasa dan sisi manusiawi yang harus disentuh. Alangkah baiknya jika benar-benar melakukan terapi atau pelatihan pemberdayaan diri dengan seorang trainer yang profesional. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s