7 Psikodinamika Gejala

Bicara tentang penyakit atau masalah mental, sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab utama timbulnya masalah mental yang diderita oleh manusia? Lalu mengapa bisa terjadi penyakit fisik yang disebabkan oleh masalah psikis?

Beberapa pakar kesehatan mempercayai bahwa munculnya penyakit fisik 70% disebabkan karena kondisi mental yang tidak harmonis. Banyaknya permasalahan yang menumpuk pada pikiran manusia berpotensi besar untuk menjadi sebuah penyakit. Charles Tebbets, seorang pakar di bidang hipnosis dan hipnoterapi modern dalam bukunya yang berjudul Miracle on Demand menjelaskan bahwa setiap gejala (simptom) dari sebuah permasalahan berasal dari salah satu atau sekumpulan sebab, ia menyebutnya dengan Seven Psychodynamics Symptom (7 Psikodinamika Gejala).

7 Psikodinamika gejala dan penjelasannya adalah sebagai berikut :

1.                  Menghukum Diri Sendiri (Self Punishment). Tanpa disadari pikiran bawah sadar manusia sering menghukum dirinya sendiri untuk menghilangkan rasa bersalah atau menghindari hukuman dari seseorang yang dianggap memiliki otoritas yang lebih tinggi darinya.

2.                  Pengalaman Masa Lalu. Pikiran bawah sadar mengartikan pengalaman masa lalu yang menyakitkan sebagai sebuah kekalahan yang mempunyai pengaruh besar dan bertahan lama (traumatis). Pengalaman masa lalu yang negatif seringkali terintegrasi dengan kegiatan manusia sehari-hari.

3.                  Konflik Internal (Internal Conflict). Hal ini terjadi saat ada dua bagian diri yang saling bertentangan. Pertentangan ini terjadi karena dua bagian itu menganggap suatu hal mempunyai tujuan yang sama-sama baik namun bertolak belakang. Misal keinginan untuk resign dari pekerjaannya sekarang namun tidak memiliki pilihan lain sebagai mata pencaharian sedangkan perasaan kewajiban menafkahi keluarga sangat kuat.

4.                  Masalah Sekarang yang Belum Terselesaikan (Unresolved Present Issues). Pikiran bawah sadar dapat memunculkan gejala-gejala penyakit dari permasalahan yang belum terselesaikan. Sebagai contoh ditiap hari Senin sebagian orang menjadi pusing karena ia akan menghadapi pekerjaan yang mungkin belum terselesaikan atau menerima tugas baru dari atasan.

5.                  Keuntungan Sekunder (Secondary Gain). Adanya keuntungan yang tersembunyi seringkali memunculkan sebuah atau beberapa simptom pada diri seseorang. Semisal seorang anak yang sering mengeluh tidak enak badan selama bertahun-tahun setelah ditelusuri akar permasalahannya terletak pada kurangnya perhatian keluarga kepada anak tersebut dan rasa sakit muncul sebagai bentuk keinginan mendapat perhatian.

6.                  Identifikasi (Identification).  Identifikasi yang dimaksud disini adalah sebuah proses psikologi yang terjadi pada diri seseorang tanpa disadarinya ia membayangkan dirinya menjadi orang lain yang merupakan sosok idola/yang dikaguminya, dan kemudian ia menirukan tingkah laku orang tersebut dalam kehidupan sehari-harinya.

7.                  Imprint. Imprint adalah sistem keyakinan yang dibentuk atau ditanamkan oleh figure yang dipandang memiliki otoritas lebih tinggi. Misal seorang memiiki keluhan tentang susahna meraih berat badan ideal. Ternyata semenjak kecil ibu si anak sering mengatakan “banyak makan, biar sehat”. Atau sering dipuji karena pipinya yang tembil lucu dan menggemaskan.

Memahami 7 Psikodinamika Gejala sangat baik dipahami oleh hipnoterapis dan klien sebagai referensi untuk mencari sumber masalah yang tepat sehingga dapat diselesaikan dengan cara yang tepat.

About hujairin

subconscious explorer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s