Affirmasi Yang Powerful Itu Bagaimana Sih?

Salah satu komponen penting dalam melakukan self hypnosis adalah affirmasi. Dalam melakukan self hypnosis, untuk mengkomunikasikan apa yang benar-benar kita inginkan pada pikiran bawah sadar kita adalah kalau tidak dengan visualisasi ya affirmasi. Namun seringkali dan banyak orang yang sudah mempraktekkan self hypnosis masih merasa gagal dan apa yang dilakukan tidak membawa efek apa-apa bagi kehidupannya, mengapa demikian? Mari kita simak penjabaran berikut ini ;

Self hypnosis adalah satu upaya pemberdayaan diri yang powerful. Para ahli yang meneliti dan mempraktekkan self hypnosis tentu tidak sembarang dalam mengajarkan teknik ini dan mempublikasikan begitu saja jika tidak teruji keampuhannya. Yang perlu dicermati dalam melakukan self hypnosis adalah memperhatikan kaidah sebagai berikut :

 a. Sikap mental dalam melakukannya. Yang perlu anda lakukan adalah membangun keyakinan. Yakin dan percaya diri dalam melakukannya, bukan sekedar asal coba-coba, sebab apapun yang dilakukan dengan asal coba-coba tidak akan pernah maksimal hasilnya.

b. Be communicative! Apa maksudnya? Jika anda berbicara dengan seseorang namun dengan nada bicara seperti membaca teks buku dan seolah tanpa niat untuk mengkomunikasikan yang anda maksud tentu akan lucu kedengarannya dan pastinya lawan bicara anda akan kesulitan menangkap apa maksud anda sesungguhnya. Oleh karena itu dalam mengucapkan affirmasi betul-betul niatkan untuk mengkomunikasikan hal tersebut pada diri anda khususnya pada pikiran bawah sadar anda sendiri.

c. Repetisi. Lakukan pengulangan beberapa kali sepuas hati dalam mengucapkan kalimat affirmasi tersebut. Ingat, salah satu cara menerobos filter mental adalah repetisi (pengulangan). Batu pun akan berlubang jika ditetesi air secara terus-menerus.

d. Persistence. Setidaknya jadikan kebiasaan. Lakukan self hypnosis dan setelah beberapa hari bahkan beberapa minggu hasilnya akan tampak nyata. Suatu kebiasaan baru akan terbentuk permanen setelah 21 hari.

e. Gunakan kalimat positif. Pikiran bawah sadar tidak akan mengenal kalimat yang mengandung kata negasi “tidak”, “bukan”, “jangan” dan sebagainya. Fokuskan pada apa yang anda inginkan bukan pada apa yang tidak anda inginkan. Misal : “setiap hari saya merasa sehat dan bersemangat”. Dan jangan sekali-kali mengatakan “saya tidak mau sakit” atau “jangan sakit ya..”.

f. Gunakan kalimat ‘present tense’. Jangan gunakan kata ‘akan’. Daripada mengatakan “saya akan semakin sehat” atau “rejeki saya akan semakin baik dan berlimpah” lebih baik mengatakan “mulai sekarang dan selanjutnya saya selalu merasa sehat dalam hal apapun” atau “mulai sekarang dan selanjutnya saya memutuskan untuk lebih terbuka terhadap berbagai pintu rejeki dan kelimpahan”.

g. Gunakan language softener (penghalus bahasa). Ingat, pikiran bawah sadar anda memiliki logika seperti anak kecil berusia 12 tahun yang tak suka dipaksa meskipun itu untuk kebaikan anda sendiri. Pikiran bawah sadar tidak mengenal sakit atau bahaya namun mengenal ‘zona nyaman’ yang telanjur tercipta. Bagi pikiran bawah sadar, kondisi baru yang masih asing walaupun lebih baik dianggap bahaya dan akan melawan kondisi tersebut. Kondisi kekurangan yang telah diakrabi pikiran bawah sadar dianggap zona nyaman dan akan selalu tetap mempertahankan kondisi tersebut. Itulah mengapa seseorang akan sangat sulit berubah sebab sudah sifat bawah sadar mempertahankan zona nyamannya. Untuk mengakali hal tersebut maka susun affirmasi anda dalam bentuk kalimat sebagai berikut :

      1. Saya sedang dalam progress untuk menjadi pribadi yang lebih baik, sehat dan kelimpahan” atau “saya sedang dalam progress untuk menjadi pribadi yang lebih disiplin dan bangun pagi hari pada pukul lima”.
      2. saya memutuskan untuk menarik lebih banyak peluang dan rejeki yang lebih berlimpah” atau “meskipun saya kekurangan dan boros namun saya memutuskan untuk tetap menyayangi dan menerima diri saya apa adanya dan memutuskan untuk lebih memperhatikan skala prioritas dalam pengeluaran serta membuka peluang lebih lebar terhadap peluang rejeki”.

h. Susun kalimat affirmasi anda sesedrhana mungkin dan mudah dipahami serta enak didengar bagi diri anda. Jangan  bertele-tele dan jangan terlalu rumit. Anggap anda sedang bicara dengan anak berusia 12 tahun dan yakinkan dalam menggunakan bahasa adalah bahasa yang lugas dan sederhana.

 Kapan affirmasi digunakan? Kapan saja..saat anda sedang melakukan self hypnosis, mengemudi (sepanjang tidak mengganggu fokus mengemudi), mencuci pakaian, memasak dsb. Selamat mencoba dan buktikan hasilnya.

About hujairin

subconscious explorer

7 thoughts on “Affirmasi Yang Powerful Itu Bagaimana Sih?

  1. Ping-balik: Cara Menemukan dan Mengatasi Mental Block | hujairin's

  2. Ping-balik: Rahasia Affirmasi Yang Powerful | Nusantara Hypnosis Center

  3. Ping-balik: CARA MENEMUKAN DAN MENGATASI MENTAL BLOCK | iosictlcs-b

    • Mungkin dengan membaca kurang begitu memahami mengapa kurang begitu ngaruh. Saya sarankan ikuti pelatihan saya saja hypnosis dan hypnotherapy, dengan begitu ada hal-hal yang tak terungkap di tulisan bisa anda pahami

  4. Saya sangat suka sekali tulisan Anda,

    Terima kasih untuk infonya, sangat positif sekali.

    Saya ingin bertanya, bolehkah affirmative diucapkan dengan mengandaikan sesuatu yang kita inginkan lebih spesifik? Misalnya:

    “Saya memiiliki rumah di X dan memiliki simpanan investasi yang banyak di X”

    • Tidak salah untuk melakukan afirmasi seperti itu, tetapi yang paling penting adalah langkah konkret yang diambil agar tujuan tersebut dapat dicapai meskipun langkah tersebut baru berupa langkah pertama yang sederhana.

      Diibaratkan seorang yang ingin mencuci mobil. Kemudian dari sumber air ke mobil ia melihat bunga yang kering, lalu disiramnya. Kemudian jalan lagi beberapa langkah, lalu melihat ada kotoran kucing, dan disiramnya dengan air untuk mencuci mobil itu. Kemudian ia melihat dinding yang kotor lalu disiramnya dinding tsb. Ketika tiba di mobil air tinggal sedikit tidak mencukupi untuk mencuci mobil. Nah, affirmasi ini tak lain agar kita fokus menggunakan segenap sumber daya yang ada untuk satu tujuan yang bernilai / penting bagi kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s