Agar Tak Gagal Dalam Mempelajari Hipnosis (Hipnotisme)

Sengaja posting kali ini saya beri judul “agar tak gagal dalam mempelajari hipnosis” alias bagaimana agar berhasil mempelajari hipnosis meskipun pelatihan diselenggarakan dalam format sehari yang berkisar durasi antara 8 – 10 jam. Mengapa? sebab sudah sering saya mendapat pertanyaan sebagai berikut :

1. “Pak..apakah belajar sehari yakin pasti bisa?”

2. “Apa jaminannya bahwa saya pasti berhasil belajar hipnosis?”

3. “Saya ingin belajar yang kayak Uya Kuya atau Ferdians di YKS..apakah bisa?”

Yang agak kasihan adalah pertanyaan :

4. “Pak, bagaimana kalau saya gagal belajar..apakah dapat garansi uang kembali?”

dan yang lebih memprihatinkan adalah pernyataan :

5. “Saya sudah belajar hipnotis kemana-mana bahkan sudah belajar sama masternya.. tapi tidak berhasil, malah kata guru hipnotis saya yang juga ahli supranatural bilang bahwa ada cahaya dari langit yang melindungi saya sehingga ilmu hipnotis tidak dapat masuk”. Kalimat ini sungguhan saya terima via sms.

Mari saya jelaskan satu per satu agar tidak lagi berada di wawasan dan keyakinan yang keliru tentang hipnotisme. Ini juga sebagai pertimbangan sebelum anda memutuskan belajar hipnosis dengan guru mana pun agar tidak terjadi “buruk muka cermin dibelah”. Faktanya begini :

1. Ilmu hipnosis / hipnotisme dapat dipelajari oleh siapa saja yang penting memiliki kepercayaan diri yang cukup dan lancar berkomunikasi. Hal ini dikarenakan hipnosis sangat mengutamakan keterampilan dan kreatifitas dalam berkomunikasi.

2. Hipnosis bukanlah ilmu gaib, metafisika, supranatural, mistik, klenik dan sebagainya. Tidak ada ritual-ritual ala perguruan tenaga dalam, ilmu kebatinan, perdukunan dsb. Sebab hipnosis murni adalah psikologi terapan tentang bagaimana menembus faktor kritis manusia dan yang dibutuhkan hanyalah teknik serta kepiawaian berkomunikasi. Semua akan dijelaskan pada saat pelatihan. Jika anda masih menganggap hipnosis sejenis ilmu gaib, maka saya pastikan sampai kapan pun anda gagal belajar karena pemahaman awalnya sudah salah.

3. Karena bukan ilmu gaib, maka siapa pun pasti bisa mempelajarinya asalkan teori-teori dasar tentang pikiran betu;-betul dicermati dengan baik. Begitu juga praktek cara melakukan teknik yang diajarkan. Teknik tsb meliputi pre-induksi, uji sugestibilitas, induksi, deepening, depth level test, memberikan sugesti. dan terminasi yang ke semuanya adalah komunikasi verbal dan non verbal. Tidak ada mantra-mantra atau energi gaib dilibatkan disini.

4. Kecerdasan seseorang sangat menentukan dalam memahami teori dan teknik. Tingkat keberhasilan anda belajar sangat ditentukan oleh kemampuan belajar anda. Semakin cerdas semakin baik. Sama seperti belajar nyetir mobil; siapa yang cerdas dan berani/PD tentu lebih cepat bisa.

5. Saya menjamin dengan komitmen akan mengajarkan dengan sepenuh hati dan mau meluangkan waktu saya untuk memberikan pendalaman materi agar alumni pelatihan semakin mahir dan paham. Tetapi tidak ada garansi uang kembali sebab anda bukan sedang belajar ilmu gaib. Misalkan anda kursus bahasa inggris, guru sudah berikan waktu untuk anda pelajari teori dan prakteknya..namun memang dasarnya murid yang bebal, apakah patut diberikan money back guarantee? Pada dasarnya belajar hipnosis sama seperti belajar bahasa inggris; sama-sama harus pake otak dan keberanian, bukan mistik.

6. Untuk mempelajari seperti Uya Kuya atau Ferdians sangatlah mudah. Hanyalah diperlukan kemahiran dasar. Berbeda dengan hipnoterapi yang butuh pemahaman kompleks dan kreatifitas dalam menemukan strategi terapi yang tepat. Pada intinya, dalam stage hypnosis seperti Uya Kuya dan Ferdians yang diperlukan adalah kejelian memilih sukarelawan atau orang yang akan dihipnosis. Tentu yang dipilih sugestibilitas bagus, sangat sugestif dan masuk dalam kategori somnambulist. Untuk itulah dalam hypnosis fundamental diajarkan banyak teknik uji sugestibilitas. Berbeda dengan sesi hipnoterapi, yang diperlukan hanyalah kesediaan dan kerjasama klien.

Untuk melengkapi pemahaman tentang hipnosis, silakan lihat di link ini.

Jadwal pelatihan lihat disini

About hujairin

subconscious explorer

4 thoughts on “Agar Tak Gagal Dalam Mempelajari Hipnosis (Hipnotisme)

  1. Ping-balik: Belajar Hipnosis | hujairin's

  2. Ping-balik: Hypnosis Fundamental Workshop Batch III | hujairin's

  3. Ping-balik: Hypnosis Fundamental Workshop Batch V, Palembang | hujairin's

  4. Ping-balik: Hypnosis Fundamental Workshop Batch VI | Hypno-Pedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s