Memahami Hipnoterapi Sesungguhnya

Secara sederhana Hypnotherapy merupakan singkatan dari  Hypnosis dan Therapy, dapat diartikan sebagai aplikasi Hypnosis di bidang terapi, atau terapi yang memanfaatkan Hypnosis sebagai teknik utama. Dalam bahasa Indonesia kini diterjemahkan menjadi hipnoterapi.

Prinsip dasar hipnoterapi adalah verbal therapy, yaitu memasukkan serangkaian sugesti ke pikiran bawah sadar klien yang sedang dalam kondisi hipnosa (trance), dimana sugesti ini dimaksudkan untuk menghasilkan efek terapeutik atau penyembuhan.

Walaupun hipnoterapi lekat dengan terapi, akan tetapi sesungguhnya hipnoterapi dapat juga dimanfatkan di area coaching. Secara sederhana terapi merupakan intervensi untuk penyembuhan, sedangkan coaching  lebih berorientasi ke pencapaian suatu goal yang positif.

Dalam konteks terapi, mengingat bahwa area yang di-intervensi adalah Pikiran Bawah Sadar, maka hipnoterapi ditujukan untuk menangani kasus-kasus yang terkait dengan mental-emosional, termasuk penyakit fisik yang dipicu oleh mental-emosional yang dikenal dengan sebutan penyakit-penyakit psikosomatis.

Dalam ranah hipnoterapi eksperimental, hipnoterapi juga diketahui dapat menyembuhkan berbagai penyakit fisik, misal penyakit degeneratif (kanker, diabetes, dll.). Akan tetapi karena ini masih ranah eksperimental, maka diperlukan persyaratan-persyaratan yang sangat khusus.

***

Apakah hipnotis sama dengan hipnoterapi ? Dalam arti misalkan seseorang yang telah mempelajari hipnotis dan dapat mempraktekan hipnotis dengan baik secara otomatis akan dapat pula mempraktekkan hipnoterapi ? Tentu saja tidak. Karena konsep terapeutik sangatlah kompleks. Manusia tidak begitu saja dapat di-intervensi dengan sugesti yang sederhana, dibutuhkan struktur sugesti yang sesuai dengan nilai dan sistem keyakinan dari seorang klien.

Berbeda dengan Stage Hypnotism atau hipnotis panggung, yang ditujukan bukan untuk menghasilkan efek terapeutik, melainkan semata-mata efek hiburan. Seseorang yang dapat mempraktekkan hipnotis, hampir dipastikan dapat melakukan Stage Hypnotism.

***

Karena psikologi manusia sangatlah kompleks, maka akhirnya hipnoterapi banyak mengadopsi berbagai prinsip psikoterapi yang berasal dari dunia psikologi, hanya saja kali ini penerapannya dalam kondisi trance, sehingga jauh lebih efektif dibandingkan psikoterapi itu sendiri.

Secara sederhana, terdapat beberapa pendekatan dalam proses hipnoterapi, antara lain :

  • Pemahamanan baru. Klien diberikan pemahaman baru sehingga lebih berdaya dan memiliki opsi untuk menyelesaikan permasalahannya.
  • Reframing. Pembingkaian ulang permasalahan klien, sehingga klien dapat melihat dari sisi persepsi yang berbeda.
  • Mediasi. Biasanya untuk kasus-kasus yang berkaitan dengan pertentangan internal, dilakukan proses mediasi antar sub-kepribadian yang saling bertentangan ini.
  • Mental Rehearsal. Dalam kondisi trance, klien dapat merasakan suatu keadaan dengan sangat nyata, sehingga teknik ini dapat dipergunakan misalkan untuk kasus-kasus motivasi.
  • Systematic Desensitization. Pengurangan sensitivitas secara bertahap. Biasanya diterapkan untuk kasus phobia.
  • Merubah Neuro-Path. Melakukan perubahan di salah satu bagian “pohon perilaku” yang diharapkan dapat mempengaruhi sisi psikologis lainnya.

Hal yang perlu dipahami bahwa hipnoterapi bukan “obat ajaib” yang dapat seketika merubah seseorang. Hipnoterapi lebih mirip dengan proses percepatan motivasi bagi mereka yang benar-benar telah memiliki motivasi kuat untuk berubah, tetapi terhalang dengan berbagai kendala psikologis.

(Yan Nurindra, The Dean of Hypnotist)

About hujairin

subconscious explorer

One thought on “Memahami Hipnoterapi Sesungguhnya

  1. Ping-balik: Agar Tak Gagal Dalam Mempelajari Hipnosis (Hipnotisme) | hujairin's

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s