Mencari Akar Masalah / Root Cause dalam Hipnoterapi

Perilaku manusia dapat diibaratkan seperti sebuah “pohon perilaku”, yaitu memiliki akar, batang, dahan, ranting dan juga daun, semua saling mempengaruhi sebagai suatu sistem. Suatu symptom psikologis atau gejala yang dirasakan oleh klien dapat dianalogikan sebagai daun, sehingga terkadang kita perlu untuk “memperbaiki” di tingkat akar agar terjadi penyembuhan permanen.

Sebagai contoh, seorang anak yang mengalami “pelecehan”, misalkan ditertawakan oleh teman-temannya bahkan gurunya ketika ia tidak dapat mengerjakan tugas di depan kelas, mungkin saja mengakibatkan di saat dewasa yang bersangkutan menjadi pribadi yang tidak percaya diri.

Pikiran bawah sadar merupakan area yang unik dengan cara kerja yang berbeda dengan pikiran sadar. Suatu stimulus tertentu dapat mempengaruhi pikiran bawah sadar, dan selanjutnya dapat menimbulkan reaksi yang tidak terduga di masa datang dalam bentuk perilaku yang mengganggu atau menyimpang dari keadaan normal.

Oleh karena itu dalam konsep hipnoterapi moderen, terkadang diperlukan teknik untuk mengetahui akar dari suatu gangguan agar dapat dilakukan “penyembuhan” di tingkat akar, sehingga diharapkan dapat “membelokkan” jalur perilaku, atau “neuro-path”, sehingga terjadi kesembuhan secara permanen.

Beberapa ”mazhab” hipnoterapi baru, bahkan menetapkan prosedur pencarian akar suatu permasalahan, dimana diyakini bahwa perilaku menyimpang, kebiasaan buruk, dan hal negatif lainnya, selalu memiliki relasi ke masa silam, dimana akhirnya jika dirunut lebih jauh, maka umumnya berakar ke suatu peristiwa yang terjadi di masa kanak-kanak, yaitu umumnya masa di bawah umur 7 tahun. Pada masa-masa ini setiap peristiwa yang ”istimewa”, baik peristiwa buruk atau baik, berpotensi menimbulkan ”goresan” di pikiran bawah sadar atau disebut dengan ”imprint” (dapat diartikan secara bebas sebagai salah cetak), dan melahirkan suatu sistem keyakinan baru yang akan mempengaruhi perjalanan psikologis di kemudian hari.

Ego State Therapy (EST) dan 5-PATH adalah contoh dari metode yang selalu menerapkan pencarian akar di masa lalu, walaupun mungkin memiliki terminologi dan teknik yang sedikit berbeda, tetapi pada prinsipnya adalah sama, yaitu sama-sama mencari akar yang umumnya berupa peristiwa “penting” masa di bawah umur 7 tahun.

Ego State Therapy yang dikembangkan oleh Watkins, menganggap bahwa dalam perjalanan kehidupan dari mulai sejak lahir, selalu diikuti dengan kelahiran-kelahiran suatu sub-kepribadian yang disebut dengan “Ego State” yang diantaranya dapat muncul karena peristiwa traumatik yang biasanya melibatkan suatu pribadi (misal anak) dengan orang atau pihak ketiga.

5-PATH yang dikembangkan oleh Calvin Banyan, menganggap bahwa pada setiap symptom psikologis yang muncul pada hari ini, pasti memiliki akar di masa sebelum ini, dimana akar ini dapat terdiri  ISE (Initial Sensitizing Event) atau akar permasalahan, atau juga dapat diikuti dengan SSE (Subsequent Sensitizing Event) atau peristiwa susulan yang memperkuat ISE. Baik ISE dan SSE ini pada umumnya juga merupakan peristiwa traumatik yang melibatkan Subyek dengan pihak ketiga.

***

Dalam praktek hipnoterapi, mencari akar suatu permasalahan, entah menggunakan prinsip Ego State Therapy atau ISE/SSE, menggunakan teknik yang sangat mirip, yaitu dengan teknik Age Regression (regrresi ke masa lalu) dengan bantuan somatic-symptom (sinyal fisik) yang dirasakan klien pada saat ini.

Selanjutnya, jika akar permasalahan telah diketemukan, dimana umumnya terkait dengan suatu peristiwa traumatik yang melibatkan klien dengan pihak ketiga, maka berikutnya dilakukan penetralan peristiwa traumatik ini, yang biasanya dilakukan melalui proses pendamaian antar berbagai pihak, melalui berbagai teknik misal Forgiveness Therapy ataupun teknik berbasis Gestalt lainnnya.

Setelah akar masa lalu dinetralkan, apakah permasalahan klien secara otomatis sudah teratasi ? Tentu saja tidak, masih dibutuhkan beberapa penerapan teknik terapeutik lain yang sesuai. Akan tetapi setidaknya peristiwa traumatik di masa lalu ini sudah tidak lagi mempengaruhi ”pohon perilaku” ini secara berlebihan, sudah menjadi proporsional dan wajar.

About hujairin

subconscious explorer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s