Jangan coba-coba datang ke Hipnoterapis…

Hipnoterapi adalah jenis terapi mental, pikiran dan emosi serta perilaku yang dilakukan dalam keadaan hipnotis. Artinya, terapi ini mutlak menggunakan keadaan trance yang diinduksikan agar maksud dari terapi tersebut dapat tercapai. Untuk masuk ke dalam keadaan trance tersebut maka sangat diperlukan kerjasama dan saling kepercayaan antara klien dan hipnoterapis. Tanpa kerjasama dan saling percaya maka maksud dan tujuan terapi tidak akan tercapai sehingga akan membuang-buang waktu dan tenaga antara kedua belah pihak.

Saya sangat menekankan sekali adanya kerjasama. Demikian pula hipnoterapis lain pasti akan sangat menekankan adanya kerjasama antara kedua belah pihak ini. Hipnoterapi bukanlah pertarungan mental. Bukan berarti anda yang tidak dapat masuk dalam keadaan hipnotis maka berarti anda hebat atau mental anda kuat. Justru sebaliknya. Kenapa? Sebab, secara normal seharusnya semua manusia normal dapat masuk kedalam kondisi/keadaan hipnotis, kecuali; orang-orang yang mentalnya kurang atau tidak memiliki kecerdasan yang cukup (moron, imbecile, idiot dsb), orang yang memang dalam keadaan koma/hampir mati, serta orang-orang yang kurang memiliki kecakapan komunikasi atau dengan kata lain kemampuan verbal-nya kurang.

Hipnotis pun sama sekali bukan pertarungan mental, melainkan kerjasama. Sejauh ini, saya sering mendapati orang yang merasa tidak bisa dihipnotis atau orang yang merasa tidak ada yang mampu menghipnotisnya. Dan tentu saja orang-orang ini tentu tidak akan dapat dihipnotis karena memang seperti itulah, jika anda tidak menginginkan/tidak mengizinkan dihipnotis maka siapa pun juga tidak akan dapat menghipnotis anda. Itu sudah rumusnya seperti itu. Sebab hipnotis memerlukan kerjasama antara penghipnotis dengan orang yang dihipnotis. Lain halnya dengan gendam dimana tanpa persetujuan anda pun anda dapat kena gendam. Jadi anda perlu berhati-hati terhadap kejahatan gendam!

Nah kembali lagi soal hipnoterapi tadi, anda tentu tidak dapat memaksa atau memotivasi orang lain untuk dihipnoterapi terhadap masalah yang sedang dihadapinya. Mengapa? Karena belum tentu orang yang bermasalah tersebut setuju masalahnya diselesaikan dengan cara hipnoterapi. Setiap individu unik. Dan banyak di antara kita yang telah memiliki kecakapan untuk mengelola emosinya dengan baik. Kecuali untuk beberapa kasus phobia yang sama sekali tidak dapat diselesaikan tanpa bantuan orang lain. Kemudian, selain ketidaksetujuan, bisa jadi malah orang yang tersebut malah merasa nyaman dengan masalahnya dan tidak ingin segera diselesaikan.

Baru-baru ini saya terpaksa menolak calon klien yang datang bersama kedua orangtuanya. Keluhan yang dihadapi adalah krisis percaya diri. Si calon klien tersebut, sebut saja si A sebenarnya tidak berminat bahkan tidak tahu untuk apa dia diajak ke hipnoterapi. Ibunya-lah yang pernah melihat praktek hipnoterapi yang mengajak / dengan sedikit memaksa sesuai pendapat bahwa orang tua tahu apa yang terbaik bagi anaknya. Sedangkan bapaknya keberatan anaknya dibawa ke hipnoterapi, bahkan dengan sedikit apriori. Saya memutuskan untuk tegas bertanya, siapa yang mau dihipnoterapi dan atas prakarsa/motivasi siapa datang ke hipnoterapis? Kemudian saya tegaskan pernyataan, jika anak yang hendak dihipnoterapi datang bukan atas motivasinya sendiri lebih baik pulang karena nanti akan buang-buang waktu dan tenaga kita saja. Akhirnya mereka pun pulang.

Dalam tulisan ini, kita dapat menarik benang merah sebagai berikut :

  • Hipnoterapi memerlukan kerjasama dan saling percaya antara kedua belah pihak. Jika anda apriori terhadap hipnoterapi atau terhadap hipnoterapisnya maka lebih baik jangan datang ke tempat praktek hipnoterapis tersebut. Hipnoterapis yang cakap pasti akan menolak klien yang apriori.
  • Pada permasalahan anak yang sudah cukup umur, biarkan anak yang memutuskan apakah dia bersedia dihipnoterapi atau tidak. Jika tidak jangan dipaksa. Meskipun kita selaku orangtua namun anak memiliki hak untuk menentukan hidupnya sendiri, apalagi yang diotak-atik adalah kondisi emosi dan kejiwaan si anak. Kalaupun anak tidak bersedia cukuplah orangtua berdoa bagi kebaikan diri si anak.
  • Hipnoterapi bukanlah ajang coba-coba dan bukan pula praktek pertarungan mental. Hipnoterapis yang baik hanya bersedia melakukan hipnoterapi pada orang yang bersedia dan mau bekerjasama dalam langkah-demi langkah terapi, yang biasanya dijelaskan pada saat pre-talk/wawancara.
  • Melalui ketiga kesimpulan di atas, maka anda hanya datang ke tempat praktek hipnoterapi jika anda bermasalah, ingin diselesaikan atas kemauan anda sendiri dan anda percaya serta bersedia bekerjasama dengan hipnoterapis dalam menyelesaikan masalah anda. Itulah sebabnya saya menuliskan judul “jangan coba-coba datang ke hipnoterapis”.

Semoga bermanfaat.

About hujairin

subconscious explorer

78 thoughts on “Jangan coba-coba datang ke Hipnoterapis…

  1. saya sangat setuju dengan tulisan / pendapat tsb karena sesuatu bila dilakukan dengan tujuan baik maka menghasilkan kebaikan juga tetapi apabila dilakukan dengan tujuan tidak baik /jahat maka akan memetik buah kejahatan

  2. ayah sy terkena stroke utk k2 kalinya pada akhir desember lalu, semenjak itu ada perubahan perilaku dari beliau yg sering buat kami “kewalahan”,, seperti marah2, mengamuk dg membanting,menendang bahkan memecahkan barang.. sdh beberapakali km lakukan terapi pijat dan hasilnya sll mengatakan scr fisik beliau sdh”sehat”..hanya perlu latihan kembali utk bjalan dll, ttp nampaknya ada penolakan psikis dari beliau, sprtinya ga ada kemauan utk kembali sehat.. bisakah hypnoterapi “menyembuhkan” psikisnya?

  3. Apakah hipnoterapi seperti ini bisa menangani kekecewaan orang terhadap suatu keadaan di masa lalu seperti kebencian terhadap seseorang dan sebagainya, mungkin bahasa pergaulan saat ini “move on” dengan total secara singkat?

      • Kalo buat saya ni yg bermasalah sama nafsu makan bisa ga di rubah pola pikir nya jd nafsu makan terus ga malas buat makan

      • tentu saja bisa. nnafsu makan berhubungan erat dengan pola kebiasaan, dan pola kebiasaan diatur oleh pikiran bawah sadar. Dengan hipnoterapi bisa diperbaiki nafus makannya

  4. Umur saya 24 tahun.
    Sekarang saya rasa saya punya kebiasaa hidup yg tak wajar.

    Saya bermasalah dalam kegiatan sehari-hari…tidur berlebihan, menarik diri dari orang lain, tidak aktive, sulit konsentrasi, mudah tersinggung, mudah emosi (tapi tidak mencelakai orang/lingkungan), sulit mengambil keputusan, depresi…

    Apakah bisa normal kembali?

  5. Sy punya anak 11 thn , saat ini mempunyai masalah mentalnya kurang bisa fokus bisa kah di sembuhkan dengan hipnoterapi tanpa persetujuan dengan anak? Sebelum / sesudahnya….

    • yang terpenting adalah ada kemauan dari adiknya untuk berubah dan berhenti dari kecanduan tersebut, hipnoterapi dapat digunakan untuk membantu dirinya mengatasi kecanduan tersebut

    • Kalau permasalahan’y misal : anak’y sering berbohong ke orang tua dan orang2 sekeliling’y bagaimana? Apakah hal itu dapat d terapi? Dan klo misal anak’y ga mau tp org tua’y melakukan ini demi kebaikan dia d masa depan apakah bisa? Tx

      • untuk lokasi saya di Jl. Alamsyah Ratu Prawiranegara no 500 / Sanggar Putri Pinang Masak, Kel Gandus Palembang. Untuk terapi silakan hubungi dulu asisten saya di nomor 081278222395. Untuk masalah kebiasaan anak-anak yang suka berbohong perlu penanganan yang komprehensif, sebab manusia semuda apapun usianya tetap merupakan makhluk yang kompleks dan dinamis. Tidak ada terapi yang akan mampu mengubah secara instan dan tetap butuh kesadaran diri si anak untuk mau berubah menjadi naka yang lebih baik. Coba cari tahu dulu penyebab mengapa si anak berbohong. Apakah lingkungan keluarga tidak memuaskan bagi diri si anak? (terlalu ketat atau terlalu longgar, atau ada keinginan yang tidak kesampaian, kurang kasih sayang, sering berlebihan dalam menghukum dsb..) Juga selidiki teman bergaul si anak, apakah memang tidak baik bagi pembentukan karakter anak atau ada yang sering mempengaruhi cara bergaulnya anak. Demikianlah penjelasan dari saya semoga dapat dipahami.

        Silakan kunjungi link ini untuk melengkapi apa yang perlu anda ketahui : http://nusantarahypnosis.com/wp/orangtua-ketahui-sebab-mengapa-anak-anda-suka-berbohong/

  6. saya umur 17 thn, saya menderita social anxiety atau phobia sosial, saya tidak bisa bergaul dg orang2, tdk punya pergaulan karena susah berinteraksi sosial, dan sulit mengekspresikan diri saya…. apakah masalah ini dpt disembuhkan dg hipnoterapi?? berapa kali sesi yg harus saya hadiri agar saya bisa sembuh total dan menjadi lancar menjalin hubungan sosial dengan orang banyak??
    terima kasih

  7. Saya punya kelainan masturbasi dini / ejakulasi kalau saya menyendiri terkadang saya suka menghayal atau membuka laman dewasa apa kebiasaan ini bisa dihilangkan atau dinetralisir? mohon perhatiannya.. trimksh

  8. pak, sy ibu dgn 2 anak, saat ini sedang mengandung anak ketiga, usia kehamilan 6 minggu tapi sy tdk mau makan, minggu kemarin sy di rawat 5 hari di rumah sakit
    bisa di hypnoterapi gak ya pak supaya saya mau makan dan klo mencium bau masakan tdk muntah2
    dan apakah biaya hypnoterapi mahal?
    terima kasih

  9. apa hipnoterapi bisa mengubah kebiasaan sehari hari? saya merasa kecewa dengan kebiasaan saya, saya sudah mencoba untk merubahnya tetapi gagal . apa bisa dengen hipnoterapi?

  10. Ping-balik: CARA MENEMUKAN DAN MENGATASI MENTAL BLOCK | iosictlcs-b

  11. Saya prnah d kcewakan prempuan yg saya cintai… smpe skrg sya merasa ksulitan untuk bisa move on k prempuan lain. Apakah bisa bantu saya untuk buang smua itu?

  12. Apakah anda punya cabang praktik di kota Kupang…saya sangat butuh terapi hipnotis…tapi saya berdomisili di kota Kupang…jika anda punya cabang praktik ataupun kenalan hipnoterapis, mohon hubungi saya…terima kasih

  13. Saya skrg sedang hamil 4 bulan, semua makanan susah masuk dan sugesti berat dan susah makan saya rasakan. Apa saya bs dibantu, sy dijakarta Barat. Bskah menghubungi sy?

  14. Saya punya anak umur 4 tahun, sampai saat ini dia takut dengan nasi, tidak mau menyentuh apalagi memakannya, apa bisa disembuhkan? karena dia masih kecil kemungkinan belum paham untuk diajak kerjasama

  15. mas Huzairin, ada teman di bekasi ga? saya tertarik untuk belajar nih.
    karena anak saya susah menghilangkan trauma kekecewaan, jadi ngga fokus kedepanšŸ˜¦
    terima kasih

  16. Artikel “Jangan Coba-Coba Datang Ke Hipnoterapis” jelas menambah wawasan baru dan pencerahan bagi para pembacanya. Metode Hypnotherapy sejalan dengan firman Allah, yang artinya “Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, apabila kaum tersebut tidak mau merubahnya”. Semoga kehadiran website Anda membawa angin segar bagi perkembangan dunia hipnoterapi di Indonesia. Salam sukses dari saya http://www.GriyaSangHipnotis.com

    • Mohon maaf mbak, saya belum berani merekomendasikan untuk yang di Batam. Sebab belum ada yang saya kenal secara langsung ataupun dekat secara pribadi sehingga saya tidak bisa memastikan apakah nanti akan sesuai kebutuhan Mbak Novi atau tidak

    • Mohon maaf mbak, saya belum berani merekomendasikan untuk yang di Batam. Sebab belum ada yang saya kenal secara langsung ataupun dekat secara pribadi sehingga saya tidak bisa memastikan apakah nanti akan sesuai kebutuhan Mbak Novi atau tidak

  17. Pak, saya mau tanya apakah saya bisa sembuh…
    Begini, Suatu waktu saya pernah menolong tetangga saya yg meninggal di kamar mandinya…sejak saat itu saya menjadi trauma dan setiap mendengar berita duka atau sejenisnya saya menjadi trauma…singkat cerita saya didiagnosa menderita psikosomatik dan saya sudah terapi pada seorang dokter Konsultan Psikosomatik..memang ketika saya menum obat saya merasa sembuh akan tetapi saat ini saya takut tergantung terus sama obat krn saya takut efeknya yg berbahaya..saat ini saya sdh tinggalkan obat, saya berusaha memanage fikiran saya agar bisa sembuh dengan meditasi, dll akan tetapi saya merasa tidak maksimal. Saya capek krn kl psikosomatik saya kambuh saya tersiksa begini terus….Sepertinya saya butuh terapi yang dapat mengubah cara berfikir dan alam bawah sadar saya, krn sebenarnya hal-hal yang saya takutkan tidak perlu ditakuti…
    Bapak yg terhormat, apakah saya bisa sembuh ???

  18. Mas, saya mempunyai hubungan yang sangat tidak baik dengan ayah saya. Saking merasa sangat kecewa dengan perlakuan ayah saya, saya menjadi sakit hati dengan beliau. Apakah saya bisa di hipnoterapi untuk hal tersebut? Terutama sekali saya saat ingin melupakan dia dan orang-orang disekitar dia yang telah berperilaku sangat mengecewakan saya. Terima kasih

    • Tentu saja bisa diterapi, namun perlu dipahami sebelumnya bahwa bukan saya yang mengubah diri anda melainkan anda sendiri nantinya. Saya hanya sebagai penunjuk arah, dan anda yang memutuskan, akan mengikuti arah yang saya berikan atau tidak.

  19. Saya phobia jatuh dan tempat yg luas
    Pernah hipnoterapy tapi gk berhasil,karena cuma dikasih sugesti2 .maksud saya ,saya ingin mainset saya dirubah gitu lho
    Jadinya malah kaya konsultasi psikologi
    Hidup jadi kurang berkualitas karena gk pernah keluar,jalan 2 langkah aja harus ada pegangan yang kuat biar gk jatuh
    Bisa nggak nolong saya

Tinggalkan Balasan

