Aerophobia / Anemophobia

Sungguh suatu pengalaman luar biasa yang saya rasakan tatkala menghadapi masalah-masalah yang dibawa oleh klien saya. Saking luarbiasanya membuat saya menjadi sangat bersyukur kepada Allah SWT diberikan kesempatan untuk berhadapan dengan masalah-masalah yang unik. Saya katakan unik karena masalah phobia selalu subjektif, dan struktur masalah tersebut pastilah berbeda pada setiap diri manusia. Nah pada kesempatan minggu lalu tanggal 28 April 2012 saya menerima ‘kehormatan’ menerima tamu jauh -klien dari Kota Lahat. Yang mana Lahat jaraknya kurang lebih 6 – 7 jam perjalanan darat dari Palembang. Yang membuat saya terkesan adalah masalah klien ini sangat unik, yaitu phobia terhadap pergerakan angin. Tidak hanya itu, klien ini juga phobia terhadap langit dan bayangan semesta di luar bumi dalam imajinasinya.

Phobia terhadap pergerakan angin disebut aerophobia atau anemophobia. Sedangkan 2 phobia yang lain saya sendiri tidak tahu istilahnya😀 … klien ini pun mencoba meyakinkan saya bahwa masalahnya aneh, dan bahkan berpikir bahwa dirinya aneh karena masalahnya tersebut. Namun saya jelaskan padanya bahwa masalah tersebut tidaklah aneh, tetapi unik. Setiap individu punya pengalaman, permasalahan dan struktur permasalahan sendiri dan tidak perlu sama dengan orang lain. Setiap masalah pun biarkan saja menjadi masalah, kita menerima dengan ikhlas sebagai ujian dari Allah SWT lalu pastinya akan sangat mudah untuk melepas masalah-masalah tersebut. Saya sangat menekankan bahwa setiap masalah agar dipandang dengan netral, dan jangan dibiasakan melekatkan emosi pada masalah yang kita hadapi.

Well, seperti biasa..dalam hipnoterapi yang pertama kali dicari selalu ISE (Initial Sensitizing Event) alias si ‘kejadian pertama yang menjadi awal mula masalah’. Jika ISE masalah ditemukan, dengan berbagai teknik berbeda untuk tiap phobia mulai dari part therapy, desentisasi sistematis, informed child technique hingga pseudo time technique lalu ditutup dengan direct suggestion maka bereslah ketiga phobia tersebut dalam waktu (kali ini) cukup lama, 4 jam!!!.. namun saya akui, saya lakukan secara fractional (dipecah-pecah) sehingga tidak memberatkan baik terhadap klien maupun saya sendiri. Setelah klien pulang segera saya lakukan emotional recycling dengan menggunakan EFT. Hal ini agar interaksi bawah sadar klien terhadap saya tidak sampai mempengaruhi psikis saya sendiri.

Dan melalui tulisan ini saya ucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Mbak Indah Kurniawati, juga kepada mas suaminya atas kepercayaan memilih hipnoterapi sebagai jalan keluar dari permasalahan anda. Juga atas kepercayaan anda memilih saya sebagai terapis. Saya juga menghaturkan doa mudah-mudahan selalu diberikan kelimpahan rejeki, kesehatan dan kebahagiaan. Jika anda membaca tulisan ini, maka perkenankanlah saya menampilkan screenshot SMS kita disini. Feedback dari anda sangat berharga bagi kemajuan keilmuan dan perkembangan diri saya sendiri.

 

About hujairin

subconscious explorer

Tinggalkan Balasan

