Bagaimana Mengobati Kecemasan (General Anxiety) dan Serangan Panik (Panic Attacks).

Setiap orang pasti pernah merasakan kegelisahan ataupun kecemasan. Jika perasaan gelisah atau cemas itu muncul sesekali maka merupakan hal wajar (normal). Sebab gelisah/cemas maupun emosi-emosi negatif lainnya merupakan anugerah Allah SWT terhadap diri manusia. Lho kok anugerah? Iya donk, sebab tanpa perasaan cemas, takut ataupun gelisah manusia tidak akan memiliki kepekaan untuk menjaga diri dari marabahaya yang mungkin justru malah membahayakan dirinya. Demikian juga suatu kewajaran apabila seseorang merasa agak gugup, takut atau sedikit gelisah jika masuk ke suatu lingkungan baru yang sama sekali asing bagi dirinya. Anak-anak cemas saat hari pertama masuk sekolah, orang dewasa cemas ketika hendak melangsungkan pernikahan, demikian pula bagi seorang pimpinan dalam menghadapi situasi ketika ia harus membuat keputusan sangat penting.

Namun jika kecemasan itu berlebihan sehingga menyebabkan gelisah, serangan panik (panic attacks) dan terjadi berulang-ulang, terlalu sering atau intens dan bahkan muncul tanpa diduga sebelumnya, maka berarti sudah saatnya anda mencari bantuan, perawatan atau terapi terhadap kecemasan tersebut.

Kecemasan yang paling banyak ditemukan adalah anxiety sosial (social anxiety atau sering juga disebut sebagai social phobia) yakni kecemasan berlebihan seseorang terhadap lingkungan sosialnya. Orang-orang dengan gangguan ini biasanya takut dengan penilaian orang lain, takut diejek, takut tidak diterima oleh teman-temannya, dsb.

Tipe kecemasan :

Kecemasan sangat umum terjadi dan mencapai 13% dari jumlah penduduk dewasa. Kecemasan juga dapat menyerang siapa saja baik di usia anak-anak, masa remaja  dan juga dewasa. Kecemasan ini terbagi menjadi 5 (lima) jenis / tipe :

  • Panic Disorder :

    Orang-orang dengan gangguan kepanikan ini biasanya sering merasa diteror secara tiba-tiba dan terjadi berulang kali. Mereka sering kali mudah berkeringat, merasakan sakit di dada, palpitasi (detak jantung tidak teratur), dan perasaan tersedak, yang dapat membuat seseorang merasa seperti sedang mengalami serangan jantung.

  • Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) :

    Orang-orang yang mengalami OCD ini biasanya memiliki gangguan pikiran yang konstan dan ketakutan-ketakutan tertentu akan sesuatu secara berlebihan sehingga mendorongnya untuk melakukan ritual atau rutinitas tertentu. Misalnya, orang yang takut pada kuman secara berlebihan sering kali berpikiran bahwa ada banyak kuman di sekelilingnya, sehingga setiap kali ia menyentuh sesuatu, ia harus segera mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan. Dapat pula menyebabkan orang yang mengalami OCD ini berperilaku terlalu permbersih sehingga kotoran atau ketidak-rapian sedikit sangat mengganggu pikirannya. Selain itu, merupakan gejala OCD yang disebabkan oleh maraknya kasus pencurian di suatu daerah akibat kurang amannya sistem keamanan di daerah tersebut menyebabkan seseorang sangat kuatir terhadap pintu-pintu atau jendela rumah (takut belum dikunci dsb) dan berulang kali mengecek pintu atau jendela rumahnya.

  • General Anxiety Disorder (GAD) :

    Gangguan ini melibatkan rasa khawatir yang berlebihan, sering kali tidak realistis, meski tidak ada hal-hal yang memprovokasi ketakutan tersebut (ketakutan tanpa alasan yang jelas). Orang-orang demikian sering kali mengalami halusinasi.

  • Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) :

    Orang dengan gangguan PTSD ini biasanya pernah mengalami trauma atau peristiwa yang sangat mengerikan seperti pelecehan seksual atau fisik, kematian tak terduga orang yang dicintai, kecelakaan atau bencana alam. Orang dengan PTSD sering memiliki pikiran dan kenangan yang abadi dan cenderung menakutkan terhadap kejadian tersebut. Biasanya, mereka cenderung mati rasa secara emosional.

  • Phobia-phobia (termasuk Social Phobia, atau Social Anxiety Disorder)

    Biasanya, orang-orang dengan gangguan ini memiliki ketakutan-ketakutan terhadap hal-hal tertentu. Seperti takut ketinggian, takut darah, takut ular, takut terbang, takut jarum suntik dsb. Sewajarnya, manusia hanya memiliki 2 jenis ketakutan wajar sejak lahir yaitu takut terhadap suara keras dan takut jatuh. Sedangkan jenis-jenis ketakutan lainnya merupakan pembelajaran dari lingkungan (pengaruh lingkungan) atau kejadian traumatis semasa hidup. Takut kepada Tuhan bukanlah termasuk phobia, melainkan harus diperluas definisinya sebagai ketakwaan/kepatuhan hamba terhadap Tuhannya dengan mematuhi perintahNya serta menjauhi laranganNya, bukan seperti takutnya anak kecil terhadap cerita hantu dsb. Phobia terhadap sesuatu adalah akibat emosi intens yang pernah terjadi terhadap sesuatu yang ditakutkan tersebut, apabila akar masalahnya ditemukan dan emosinya dirilis maka phobia tersebut otomatis akan hilang. Untuk lebih jelas tentang phobia klik disini

    Cara mengatasi kecemasan

    Satu-satunya hal pertama yang perlu anda ketahui adalah tidak perlu kuatir dan santai saja. Jika anda cukup iman maka dengan berdoa, sholat yang khusyu’ dan yakin akan ketetapan-ketetapan Allah SWT atas diri manusia dan makhluk-makhluknya maka dapat membantu diri anda untuk ikhlas dan rileks. Hal ini akan sangat membantu meredakan kecemasan dibandingkan obat-obat penenang atau anti depressan yang justru setelah pemakaian sekian lama sama saja dengan meracuni tubuh anda sendiri.

    Keyakinan terhadap Allah SWT (atau sebutan Tuhan bagi agama non-muslim) haruslah seyakin keyakinan anda bahwa bumi itu bulat atau ikan hidupnya di air. Pernyataan saya ini berarti bahwa jangan ada sedikitpun keraguan terhadap Allah SWT.

    Cara lain adalah dengan membiasakan diri duduk tenang sebelum memulai hari anda, lakukan affirmasi positif atau doa di pagi hari. Dapat pula anda lakukan meditasi ringan di tempat yang anda merasa nyaman dengan cara memperhatikan ritme nafas anda. Hal ini untuk membiasakan diri anda berfikir rileks.

    Kemudian anda pahami bahwa setiap masalah hanyalah peristiwa. Peristiwa adalah kejadian netral yang memang harus terjadi sesuai ketetapan dari Allah SWT. Kejadian tersebut bermakna positif maupun negatif adalah pelabelan oleh persepsi kita terhadap kejadian tersebut. Secara cerdas, anda dapat memperluas peta persepsi anda dengan memaknai setiap peristiwa/masalah secara positif. Katakanlah “ambil hikmah dari setiap kejadian” atau “pandang dari sisi positifnya saja”. Jika tidak, maka emosi yang intens akan melekat pada peristiwa tersebut yang kemudian justru akan membebani pikiran anda sendiri.

Langkah berikutnya yang anda lakukan adalah berkonsultasi pada hipnoterapis. Seringkali akar masalah terpendam jauh di dalam pikiran bawah sadar dan telah ditekan sedemikian rupa sehingga anda sendiri lupa bagaimana persisnya peristiwa tersebut. Hipnoterapis yang cakap akan membantu anda menemukan Initial Sensitizing Event (ISE) atau akar masalah tersebut. Melepaskan pikiran anda dari belenggu emosi yang anda alami dan mereedukasi pikiran bawah sadar anda dengan cara mereframing/memaknai ulang peristiwa yang sudah berlalu tersebut. Secara holistik, penyembuhan dengan metode hipnoterapi ini jauh lebih manusiawi dibandingkan anda menekan emosi-emosi tersebut dengan bantuan obat-obatan.

Untuk mengetahui teknik-teknik terbaik dalam mengatasi kecemasan dan masalah-masalah lainnya silakan lihat disini http://nusantarahypnosis.com/wp/neo-nlp-practitioner-workshop/

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang anxiety disorder? Pesan E-booknya sekarang.. ratusan orang sudah mendapatkan manfaat dari teknik-teknik yang diajarkan dalam E-book ini. Berisikan A to Z tentang hipnosis, memahami lintah energi, pertimbangan apakah anda sudah harus ke hipnoterapis atau cukup anda atasi sendiri dll. Hanya Rp. 100.000, dengan segudang manfaat yang terbukti luarbiasa.

Cover Anxiety

Cara pesan E-book : SMS ke 085244858898, dengan format : “pesan e-book anxiety kirim ke alamat email ……………… “

Transfer ke BNI a.n Muhammad Hujairin nomor rekening 0283813977 atau

Transfer ke BCA .a.n Muhammad Hujairin nomor rekening 855508691

About hujairin

subconscious explorer

43 thoughts on “Bagaimana Mengobati Kecemasan (General Anxiety) dan Serangan Panik (Panic Attacks).

  1. asslm wr wb
    sy senang dengan tulisan bapak, tapi sy ingin konsultasi lebih lanjut. karena sy termasuk penderita serangan panik yg sudah kronik. boleh minta no kontak yg bisa dihub.
    terimakasih sebelumnya..

    • Di tiap-tiap daerah memang belum semua memiliki hipnoterapis, bahkan di kota-kota besar sekalipun. Tapi jika anda memang sungguh-sungguh, cobalah ke Jakarta atau Surabaya. Jika memang ada niat, selalu ada jalan. Tapi jika niat belum penuh, akan selalu ada penghalang

  2. Saya termasuk orang yang takut/cemas berlebihan, bahkan saya rasa ini sudah kronis. Saya remaja 18 th
    setiap saya melakukan sesuatu yang salah, walaupun itu hal sepele sekalipun saya merasa takut dan cemas luar biasa, badan saya terasa dingin dan emosi saya jadi tdk terkontrol. Saya enggan melakukan apapun sampai kecemasan saya hilang. Namun itu sangat lama, kalaupun hilang itupun cuma sebentar dan nantinya akan kembali lagi, saya takut akan banyak hal. Saya takut tdk disukai tmn bahkan dibenci,
    kalau rasa takut dan khawatir itu sudah memuncak saya akan menangis sendiri sampai tertidur,
    semua ini benar2 mengganggu hidup saya, saya merasa hidup sendiri dan kesepian. Tapi karna rasa takut saya yg berlebihan itu juga saya tidak berani melampiaskan pada hal2 negativ, saya hanya berdiam diri dan memikirkan kecemasan saya sampai berimajinasi dan akhirnya ketakutan itu bertambah dan saya menangis. Apa yang harus saya lakukan?
    Terimakasih

    • Dear Elsa.. Cemas merupakan emosi yang berguna bagi diri manusia sepanjang masih dalam batasan wajar dan pada tempatnya. Untuk mengatasi kecemasan silakan konsultasi langsung atau personal message terlebih dahulu ke nomor HP saya

    • Sabar saudari elsa, anda tidak sendiri. jgn berhenti berdoa. anda sdh tau penyebab kecemasan anda sy malah kadang cemas tanpa tau apa yg sy cemaskan shg sy bingung bagaimana mengatasinya. kdg dtg tiba2 di mn sj rasa itu mau dtg. jgn berburuk sangka dgn org lain.dan jgns selalu merasa bersalah klo yg kita kerjakan krg maksimal.sempurna itu hy milik Allah nak.

  3. Ping-balik: Pengertian dan cara Mengurangi Kecemasan « Juniorsuryadilaga's Blog

  4. Ping-balik: Rumah Megahmu Disini Hanyalah Sebagai Gubug Penunggu Sawah | hujairin's

  5. Assalamualikum, wr wb

    Saya mau bertanya, apakah hipnoterapis dpt menyembuhkan trauma terhadap penyakit vertigo, saya penderita vertigo dan bila sendiri di rumah atau berjalan keluar rumah timbul rasa gugup dan panik yg berlebihan,
    Terimakasih infonya

  6. Assalamualikum, wr wb

    Saya mau bertanya, apakah hipnoterapis dpt menyembuhkan trauma terhadap penyakit vertigo, saya penderita vertigo dan bila sendiri di rumah atau berjalan keluar rumah timbul rasa gugup dan panik yg berlebihan,
    Terimakasih infonya
    Wassalam

  7. beberapa wktu yg saya kehilangan org yg saya cintai. saya msh blm bisa percaya apa yg terjadi. sering saya nangis tiap kali liat hal2/benda yg berhubungan dgn dia sampai skrg. saya cb berani googling ttg kehidupan setelah mati & tanda2 orang yg akan meninggal. sejak itu saya jd makin takut. belakangan saya jd sering merasa cemas berlebihan, berdebar2, nafsu makan saya hilang, takut di ruangan sendirian & takut mati.
    apa yg harus saya lakukan? saya benar2 takut. bahkan setiap mendpt telpon, saya selalu ketakutan kalau2 dpt kabar buruk.
    mohon bantuannya.

    • Untuk konsultasi pribadi silakan temui saya langsung. Sementara ini banyak-banyak berserah diri sepasrah-pasrahnya pada Tuhan YME sesuai keyakinan agama yang dianut. Sebesar apapun masalah, keikhlasan ibarat air yang akan menetralisir racun-racun pikiran.

  8. sy ingin menangis mendengar cerita saudari elsa krn sy paham benar bagaimana rasanya hidup dlm kecemasan yg berlebihan dan tdk tau apa yg dicemaskan. ternyata sy tdk sendiri dan masih beruntung menderita penyakit aneh yg dtgnya tiba2 ini baru bbrp thn ini sedangkan saudari elsa msh sgt muda pasti tdk bs seperti anak2 lainnya. sy malah kdg mengkonsumsi obat penenang yg diberikan dokter sy.krn sesak yg sy rasakn bs dtg tiba2 dan jantung sy berdegup serasa mau copot ketika sy mengajar. bs anda bayangkan bagaimana susahnya sy menjalani hari2 sy. mhn nasehatnya pak. jg yg lainnya, syukron

    • Baik bu, terimakasih atas masukannya. Pada intinya, setiap masalah pasti memiliki akar masalah berupa kejadian pertama yang mencetuskan emosi tersebut. Melalui hipnoterapi, memori tersebut digali kembali dan kita lepaskan belenggu emosi yang menyertainya. Ibaratkan tungku kompor, yang kita lakukan adalah mematikan apinya, bukan mendinginkan panci yang direbus di atasnya. Jika apinya sudah dimatikan, maka panci di atasnya pasti akan mendingin seiring waktu.

      Bagaimana jika belum memiliki kesempatan menemui hipnoterapis? Perbanyaklah ibadah dan pasrah pada Yang Maha Kuasa sebagai sarana pelepasan yang benar dan normatif.

      Semoga jawaban ini cukup membantu

  9. saya ihwan saya berasal dari sukabumi umur saya baru berumur 19 th sekarang saya lagi mengalami penyakit aneh … panic attack ….
    nah saya ingn minta tips x bagaimana cra yg sgat mdah tuk menghilangkan panic attack yg saya derita ini saya sdah hmpir 1 thun saya menderita penyakit ini sya tak berani keluar rumah tak berani ke warung… dan terkadang ketika sya ingn tdr pun sya dganggu dg rasa panik itu jadi sy ingn brtnya pd bpk bagaimana dan apa yg sya lakukan utk menjauhi dari rasa panik itu terima kasih,..

    • Yth. Ihwan
      Untuk masalah yang anda derita sebaiknya segera menghubungi hipnoterapis terdekat. Di Jawa Barat banyak hipnoterapis, silakan cek salah satunya Dr. Iwan D Gunawan. Coba cari di google

  10. saya baru ber umur 22 , pertama mengalami serangan panik itu waktu saya kelas 1 SMA , sempat hilang
    tapi tahun 2012 serangan panik itu datang lagi sampai sekarang sering tibul tanpa ada penyebab yg pasti ,
    sangat mengganggu bila datang saat perkuliahan , saya daerah padang pak

    • Jika dengan berbagai upaya yang dilakukan mandiri tidak membuahkan hasil, sebaiknya segera konsultasikan ke hipnoterapis terddekat di daerah anda. Bertemu langsung, ceritakan masalahnya dan minta dibantu untuk menemukan solusinya. Saya yakin di Padang ada, tetapi mohon maaf saya tidak punya kenalan hipnoterapis di daerah Padang jadi mungkin anda bisa mencarinya sendiri

  11. Ping-balik: CARA MENEMUKAN DAN MENGATASI MENTAL BLOCK | iosictlcs-b

  12. Ping-balik: Pikiran Bawah Sadar Bersifat Konstruktif | hujairin's

  13. Saya berumur 16 tahun. terkena panic attack pertama saat kelas 3 SD. Dulu saat masih kecil, saya orangnya ceria dan sangat lincah tapi setelah serangan panik yang berulang kali muncul di hidup saya sampai sekarang, semuanya berubah drastis. saya menjadi anak yang pemurung. tidak pandai bersosialisasi bahkan tidak mempunyai teman. saya takut keluar rumah, takut mati dan takut sendirian.
    saya sangat frustasi jika panic attack itu datang. setelahnya saya menangis dan tidur di kamar di temani dengan Ibu saya. seperti ada pikiran yang sangat mengganggu dan cemas. sering pergi ke dokter tapi apa yang dokter katakan tidak memuaskan bagi saya. saya sangat bingung dengan apa yang saya alami selama ini. tapi dengan begitu prestasi saya di sekolah tidak menurun. tetap pada ranking yang memuaskan dan saya bersyukur. walaupun seperti itu saya yakin bahwa Allah memberikan kelebihan dan anugerah padaku.

    Artikel ini sangat membantu sehingga saya tidak perlu khawatir lagi memikirkan tentang penyakit aneh ini.

    • Terimakasih Sdri Vina atas kunjungannya ke blog saya. Semoga semakin hari semakin membaik dalam hal apapun di hidupnya. Jika merasa tulisan ini bermanfaat silakan berbagi pada teman-temannya yang lain

  14. Saya remaja usia 19 tahun, saya sangat kaget dengan tulisan anda. masalahnya, saya termasuk orang yang anda deskripsikan. bahkan, sudah sekitar 3 tahun saya sering berbicara sendiri, menangis, bahkan tidak mau berkomunikasi dengan orang orang secara aktif. saya tidak tahu apa apa mengenai sindrom tersebut. apa mungkin saya termasuk penderitanya?

  15. Sy trmasuk dalam Panic disorder dan General Anxiety disorder, dan awalnya sy mengira menderita penyakit jantung. Alhamdulillah sy atasi kecemasan ini dgn bertawakkal kpd Allah SWT. Terima kasih, tulisannya sangat bermanfaat. Semoga sehat selalu, Amin

  16. Ping-balik: Woow ! Inilah Kasus-Kasus Yang Bisa Ditangani Dengan Hipnoterapi | hujairin's

  17. assalmualaikum wr..wb.. sy faris umur 21 thn …sy berasal dri lombok …
    sy ingin berkonsultasi dgn bpk tentang apa yg terjadi pd diri sy … jika sy melakukan sesuatu sy merasa sy ini org yg salah,sy sering melamun dan berimajinasi berlebihan bahkan seharian penuh bisa di katakan bgitu … sy terjebak dlm fikiran sy kurang lebih 3 thn … sy tersiksa dgn keadaan ini … sy tidak berani kluar rumah bahkan untuk pergi solat jumat pun sy merasa takut … mohon solusinya bpk hujairin ….

    terimakasih ….

    • Waalaikumsalam.
      Jika sudah tahu apa penyebabnya (sy merasa sy ini org yg salah,sy sering melamun dan berimajinasi berlebihan bahkan seharian penuh bisa di katakan bgitu), maka hentikan penyebab itu dan alihkan pikiran ke hal-hal positif. Perbaiki ibadah dan silakan berkonsultasi ke tokoh-tokoh agama setempat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s